Sang Da'i Kodok

Mungkin masih terngiang dalam ingatan kita. Ada Da'i TPI yang pada saat bertarung di medan laga MIMBAR DAI TPI selalu mengenakan tas ransel, memakai alat musik keyboard, dan membawa boneka kodok. Dialah Muhammad Angin Bawono, dimana masyarakat lebih mengenalnya dengan nama Ustad Tri Kodok.

Pada waktu itu Dai Angin memang masih menggunakan nama kecilnya yaitu "Tri Giyarto" sebagai identitas saat mengikuti audisi Da'i TPI. Itulah mengapa ia dikenal dengan nama Ustad Tri. Dalam perjalanannya, finalis wakil kota Yogyakarta ini mendapat julukan "Da'i Kodok" dari masyarakat yang menggemari acara MIMBAR DAI TPI. Hal itu dikarenakan ciri khasnya yang selalu membawa boneka kodok dan menyanyikan lagu "Ada Kodok" (Lagu yang dipopulerkan oleh ria enes dan susan) pada saat tampil berdakwah di layar TPI.

Penggunaan properti dakwah berupa boneka kodok tentu bukan tanpa alasan. Da'i Angin sengaja membawa properti-properti seperti boneka, mainan, dan alat musik karena yang menjadi sasaran dari dakwahnya adalah kalangan anak-anak.

Ketika perlombaan Da'i TPI telah usai. Da'i Angin sempat mendapat tawaran dari produser Da'i TPI untuk menjadi narasumber tetap di acara yang bermerk "Buka Hati Bersama Da'i Kodok", semacam kuliah subuh khusus untuk anak-anak. Acara ini ditayangkan setiap hari minggu, pukul 05.00 - 05.30 WIB dan menghiasi layar kaca TPI sepanjang tahun 2006.

Walaupun masyarakat lebih memandang Da'i Angin "Kodok" sebagai mubaligh khusus untuk anak-anak. Namun sejak tahun 2007, ia mulai memperkaya segmen dakwahnya dengan merambah dunia remaja dan masyarakat umum. Hal ini ia lakukan sebagai bentuk penyesuaian atas banyaknya undangan ceramah yang datang dari sekolahan setingkat SMP hingga perguruan tinggi dan masyarakat umum.

Dan sejak saat itu, Da'i Angin lebih terkesan sebagai mubaligh spesialis remaja dan umum ketimbang mubaligh spesialis anak-anak. Kendati begitu, hal ini tidak berarti Da'i Angin sudah meninggalkan "jamaah anak-anak TK dan SD" yang dulu sangat setia mendukungnya lewat SMS!(by Ayusha)