Dari Jambore Daerah Antar Pesantren Kaltim

Balikpapan-(13/8)Kegiatan Jambore Daerah (JAMDA) antar pondok pesantren se-Kalimantan Timur berlangsung di asrama haji Balikpapan.

Pada malam penutupan kegiatan pramuka ini, diadakan panggung gembira, dimana masing-masing tim peserta diwajibkan menampilkan kebolehannya dalam berpuisi, drama, hadrah, dll. Dalam kesempatan itu juga ditampilkan seni asli kalimantan "madihin" yang dibawakan dengan kocak oleh Ust.Muhtar.S.Ag. dari samarinda.

Acara bertambah meriah saat Dai Angin tampil untuk memberikan siraman rohani kepada para peserta. Dijelaskannya bahwa "dalam setiap perlombaan, yang paling utama bukanlah mencari kemenangan, tetapi hendaklah masing-masing peserta memperbanyak tali silaturahmi dengan peserta yang lainnya". Sebelum pengajian diakhiri, mubaligh yang pada malam itu tampil sangat energik ini sempat mengajak hadirin untuk bersholawat dan bernyanyi bersama-sama.

Dalam kegiatan ini Ponpes Ibadurrahman (Kutai Kartanegara) berhasil menjadi juara 1, Juara 2 diraih oleh Ponpes Asy Syifa (Balikpapan), dan juara 3 diraih oleh Ponpes Nabil Husein (Samarinda). Menurut keterangan dari panitia, juara 1 sampai 3 akan mewakili provinsi Kalimantan Timur pada Jambore Nasional (JAMNAS) antar pondok pesantren se-indonesia di Bogor, Jawa Barat. (copy: artikel MCH)